Inilah Manfaat Wine Untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Tanggal 18 Februari, di Amerika diperingati sebagai National Drink Wine Day. Pada hari tersebut, warga Amerika akan mengundang teman atau keluarganya untuk minum wine bersama. Tujuan dari diadakannya perayaan tersebut adalah sebagai bentuk ungkapan cinta atau mengingat kembali pentingnya wine bagi kesehatan.

 
Minum wine bersama sahabat atau kerabat bisa membuat suasana semakin akrab dan hangat. Sumber foto: pixabay.com

Meskipun di Indonesia sendiri perayaan National Drink Wine Day tidaklah populer, tapi aktivitas minum wine cukup banyak dijumpai. Biasanya, orang minum wine saat menghadiri perayaan acara penting atau pesta akhir tahun. Namun selain sekadar sajian dalam sebuah jamuan atau bahan campuran membuat makanan enak, sesungguhnya wine juga memiliki manfaat sendiri bagi kesehatan, diantaranya:

Berguna untuk kesehatan jantung

Meminum wine secara teratur menurut para ahli kesehatan juga berfungsi mengurangi resiko terkena serangan jantung. Dalam red wine ada zat fenolyang berguna menurunkan kolestrol LDL (kolestrol jahat) dan menjaga kolestrol HDL (kolestrol) tetap tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa meminum red wine meski hanya sesekali mengurangi resiko mati muda hingga 33%.

Mengurangi stres dan depresi

Apabila Anda sedang merasa stres atau depresi, meminum segelas red wine akan sangat membantu. Kandungan alkohol dalam minuman tersebut berfungsi menekan syaraf pusat sehingga menimbulkan rasa rileks. Tapi yang perlu diingat jangan meminumnya berlebihan! Konsumsilah hanya 1 gelas per harinya jika tujuanmu adalah mengurangi rasa stres atau depresi.

Baik untuk penderita diabetes

Fakta terakhir yang harus Anda ketahui mengenai wine adalah bahwa minuman ini baik untuk penderita diabetes. Berdasarkan riset ahli di University of Massachusettes, antioksidan yang terdapat dalam red wine dapat memperlambat proses glukosa sehingga menjaga kadar gula tetap terjaga.

Wine baik untuk kesehatan kulit

Wine adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang pembuatannya dilakukan dengan cara memfermentasikan buah anggur. Pada porsi yang wajar, minuman ini tidak hanya enak dimulut tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah khasiat wine bagi kesehatan kulit. Kandungan flavonoidresveratrol dan juga tannin pada minuman tersebut dipercaya dapat menutrisi kesehatan kulit dari dalam.

Mencegah insomnia

Selain untuk kesehatan kulit, meminum segelas wine menjelang tidur ternyata juga membantu mengatasi keluhan insomnia. Kandungan melatoninyang terdapat pada minuman ini dapat membuat Anda menjadi lebih rileks. Karenanya apabila Anda sering merasa sulit tidur disarankan untuk mengonsumsi segelas wine sebelum berangkat tidur.

Menghindari terjadinya obesitas

Kandungan alkohol yang terdapat pada wine seringkali membuat orang menghindari minuman tersebut. Padahal kalau digali lebih jauh, ada sederet manfaat yang bisa didapatkan. Tidak hanya berguna membuat kulit sehat dan dijadikan campuran untuk membuat makanan enak, meminum wine juga membantumu terhindari dari obesitas. Wine mengandung senyawa bernama piceatannol yang berguna menjaga berat badan lebih stabil.

Anti kanker

Manfaat keempat yang ternyata juga ada di balik wine adalah khasiat minuman ini dalam mencegah kanker. Menurut penelitian, wine mengandung zat antioksidan yakni resveratrol yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit mematikan tersebut. Penelitian lainnya menyebutkan pria yang rutin meminum wine 4–7 gelas per minggu didiagnosis memiliki potensi terkena kanker prostat lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Itulah 7 manfaat wine bagi kesehatan yang penting untuk diketahui. Ternyata selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan enak seperti kue misalnya, wine juga punya khasiat sendiri yang berguna ya. So, mulai dari sekarang jangan ragu mengonsumsi minuman ini selama dalam porsi wajar tentunya.

Share